Hasil Survei Jadi Peringatan Positif untuk Jokowi-Ma’ruf

survei kompas

topmetro.news – Klaim kubu capres 02 yang optimistis usai keluarnya hasil survei Kompas dinilai mengada-ada. Di samping survei itu menunjukkan ketertinggalan yang masih double digit dari pasangan 01, survei Kompas justru dinilai memberi banyak manfaat positif kepada pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf).

Sebagai pasangan yang sedang unggul, survei itu diperlukan sebagai pengingat agar tidak lengah hingga hari pemilihan.

Pengamat politik, Djayadi Hanan menilai, pasangan yang sedang unggul apalagi petahana punya syarat mutlak untuk tidak merasa aman. Perasaan aman dinilai akan menjadi penghambat untuk meraih kemenangan dalam pemilu.

BACA JUGA | Survei Alvara: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Semua Area Kepulauan

Warning Survei Kompas

Beruntung bagi pasangan 01, pengingat itu datang di saat yang tepat. Survei Kompas yang keluar sekitar sebulan sebelum pemilihan akan memicu semangat total dari segenap tim dan pendukung calon 01 untuk tetap mempertahankan keunggulan tebal pada 17 April 2019 mendatang.

“Bagi 01 adalah peringatan agar tidak bisa lengah sampai hari H. Survei ini akan membuat tim sukses semakin kencang dalam bergerak memastikan kemenangan di lima daerah kunci. Fokus di daerah yang jadi rebutan suara, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, DKI, Banten, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Selatan. Dan itu bisa saja dilakukan dengan sprint selama tiga minggu terakhir ini,” kata Hanan, Kamis (21/3/2019).

Terkait peta di daerah kunci itu, lembaga Saiful Mujani Reseach and Consulting baru saja merilis hasil survei terbaru di wilayah Banten. Kabar positif pun mampir ke kubu 01. Kini pasangan Jokowi-Ma’ruf mampu memperlebar jarak keunggulan di wilayah yang akan memperebutkan sekitar 8 juta suara itu.

“Dari survei yang dilakukan pada 27 Februari hingga 8 Maret 2019 menunjukkan pasangan 01 unggul dengan 43,2 persen. Sedangkan pasangan 01 meraih 41,7 persen,” ujar peneliti SMRC, Deni Irvani.

Unggul di Banten

Keunggulan di Banten ini menjadi hal positif bagi kubu Jokowi-Ma’ruf. Sebab sebelumnya suara di Banten cenderung seimbang. Namun berkat usaha keras dari tim dan relawan, suara Jokowi-Ma’ruf mampu meningkat cukup signifikan hingga kini mampu unggul.

Deni mengatakan, ada sejumlah temuan dalam survei kali ini. Salah satu temuannya adalah masyarakat Banten yang tak terpengaruh isu hoax yang ditujukan pada Pasangan Jokowi-Ma’ruf.

“Cukup banyak masyarakat yang mendapat informasi yang tidak berdasarkan fakta tentang Jokowi, seperti isu PKI dan memusuhi ulama. Umumnya pemilih tidak mempercayai isu tersebut,” tutup Deni.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment